Aku masih penasaran sama Akiyoshi Rikako karena novelnya yang Girls in The Dark itu oke banget. Makanya, aku beli karyanya yang lain, kali ini berjudul Imprisonment.

Buku ini berkisah tentang seorang perawat yang galau dengan pekerjaannya di ranah publik sementara ia memiliki anak balita yang perlu diasuh. Yah, problemnya mirip kita-kita inilah, yang galau karena pengen asuh anak di rumah tapi juga perlu pekerjaan untuk kehidupan, hiks. Tapi, bedanya di sini ada yang mati. Huaaaa.

   

Kisah Singkat Novel Imprisonment


imprisonment

Novel Imprisonment menceritakan tentang seorang perawat di bangsal rumah sakit bernama Mita-san. Ini adalah hari terakhirnya bekerja karena ia sudah resign demi bisa mengurus anaknya yang masih kecil. Di bab awal, penulis menjelaskan dengan detail betapa Mita-san sangat menyukai pekerjaannya dan ia sangat berusaha sangat keras untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dengan sempurna serambi membagi tugas mengasuh anak dengan suami.


Problematika mengasuh anak dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga emang jadi momok lah. Sama aja kayak kita-kita, tiap hari debat siapa yang giliran cuci piring, siapa yang mesti masak nasi, siapa yang mesti mandikan anak, wahaha. Namun di sini, Mita-san akhirnya membuat keputusan besar untuk mencurahkan perhatiannya dengan penuh pada sang anak. Ia berniat akan mengasuh anak secara penuh dengan meninggalkan pekerjaanya sementara waktu.


Narasi tentang betapa sibuknya Mita-san di rumah sakit pada hari terakhirnya bekerja dituliskan dengan sangat detail. Bab tentang kegiatan Mita di rumah sakit ditulis bergantian dengan bab peristiwa penyekapan yang terjadi di rumahnya, saat suami Mita-san menyiapkan makan malam natal sambil mengasuh anak. 


Peristiwa penculikan yang dialami suami Mita-san terjadi saat ia sedang memasak kari putih untuk malam natal serambil menidurkan anak mereka. Saat sedang membuang sampah, suaminya dipukul dari belakang, diikat, lalu diangkut ke mobil. Pelaku dari penculikan ini ternyata adalah salah satu mantan pasien Mita-san yang terobsesi dengannya. Sementara itu, Mita-san di rumah sakit juga sedang membahas pasien yang jadi tokoh jahat ini karena pernah memalu tulang paha sampai patah demi bisa masuk rumah sakit dan bertemu Mita-san. Edaaan.


Yap, sudah banyak kan bocoran kisah Imprisonment. Yap, sisanya silakan baca sendiri.


Kematian dalam Imprisonment


imprisonment

Aku sudah menduga bahwa suami Mita-san yang diculik akan disiksa sampai sekarat lalu dibunuh. Tapi, ternyata enggak, hahaha. Rupanya, ini bukan novel tentang balas dendam Mita-san ke orang gila itu. Sesuai judulnya, novel ini emang tentang culik-menculik dengan "tapi" yang akan terjawab di bab akhir. 


Dibandingkan dengan novel Akiyoshi Rikako yang lain, Imprisonment gak gitu punya unsur kejutan yang wah, jadi sebenarnya aku ga gitu excited untuk nyelesaikan bukunya. Hanya karena aku sudah hafal sama plot twist beberapa buku misteri yang emang disimpan dalam satu bab akhir, makanya aku baca sampai selesai.


Dan, misteri yang disimpan ternyata gak terlalu istimewa. Silakan baca saja apa yang disimpan penulisnya di bab akhir. Sejauh ini, Imprisonment mendapatkan ranking akhir dari karya Akiyoshi Rikako yang sudah aku baca. Ranking pertama masih dipegang oleh Girls in The Dark.


Akiyoshi Rikako, Penerbit Haru, 274 hlm, Desember 2023  


Baca juga: Burning Heat, Kisah Dendam yang Mematikan Diri sendiri