Yuhuuuu, setelah sekian lama tidak nulis ulasan buku, kali ini aku mau share tentang satu buku misteri lagi dari Akiyoshi Rikako yang berjudul Burning Heat. Meski gak terlalu nyeremin kaya buku Girls in The Dark yang emang bikin bacanya berasa merinding, tapi kasus kematian yang ada di buku ini juga gak kalah menarik. So, disimak aja.


Sinopsis Burning Heat


burning heat

Kisah Burning Heat diawali dengan adanya gambaran rumah tangga antara Eri dan Hideo yang terkesan biasa saja sampai akhirnya si tokoh ‘aku’ alias Eri mengungkapkan kasus kematian dari suami pertamanya.


Hideo, tokoh yang jadi suami Eri yang sekarang pernah jadi tersangka dari kasus kematian mantan suaminya yang pertama. Karena jatuh dari beranda tanpa diketahui penyebab secara pasti, Tadatoka, suami Eri yang pertama masuk berita sebagai kasus yang cukup menghebohkan. Apalagi, disinyalir Tadatoka kemungkinan melakukan penipuan investasi terhadap beberapa orang, termasuk Hideo.


Namun, penyelidikan dari kepolisian justru menetapkan bahwa ini adalah kematian karena kecelakaan atau bunuh diri. Sudah dapat ditebak, Eri tentu tidak puas. Ia melepas segalanya demi menemukan kebenaran dari kasus kematian suaminya, termasuk identitas, wajah, sampai dirinya sendiri.


Burning Heat dan Akiyoshi Rikako


Khas Akiyoshi Rikako, kita tidak hanya akan disuguhkan cerita dengan rasa thriller dan misteri tapi juga dengan kehangatan. Ada di beberapa bab, penulisnya menunjukkan bahwa tokoh Eri mulai merasakan nikmatnya hidup dengan Hideo yang merupakan seorang dokter sederhana nan hangat. 


Tapi, tentu saja setelah Eri merasakan seklumit kehangatan, ceritanya langsung melaju ke arah puncak konflik di mana ia justru mendapatkan bukti adanya keterlibatan Hideo dengan kasus penipuan investasi yang dilakukan suaminya. Nah, lo! Penulis thriller tuh emang tega mainin perasaan orang!


Entah Hideo adalah korban atau dalang, langsung aja dibaca di buku ini ya. 


Kesan Pesan Membaca Burning Heat


Rasanya Burning Heat termasuk novel misteri yang cukup sederhana namun tetap menarik. Kalau dibandingkan dengan novel Jepang lainnya dengan genre misteri, jalan ceritanya termasuk santai meski tetap saja ketika penulis udah nyebar racun serpihan petunjuk kasus, kita sebagai pembaca juga tetap deg-deg gak karuan. 


Kalau dipikirkan, kok bisa ya penulisnya merancang sebuah cerita yang begini manis, di mana tokoh utama digambarkan terbakar sama dendamnya sendiri sehingga kebahagiaan yang ada di masa sekarang jadi tergadai dan hilang selamanya. Sesuai dengan judulnya. 


Udah lah, aku mau nulis buku misteri juga, yang juga manis, tapi tetap berasa thrillernya.


Keterangan Buku: Burning Heat/ Akiyoshi Rikako/ Juli 2022/ Penerbit Haru/ 296 hlm.