Beberapa hari yang lalu, aku baru aja posting artikel tentang novel Akiyoshi Rikako yang judulnya Burning Heat. Menurut aku sendiri sih, novel ini enak banget untuk dikonsumsi para penggemar misteri baru, karena nggak terlalu kejam dan ada sentuhan hangat dari sisi cinta-cintaannya. Makanya, di sesi artikel ini, aku mau bedah per bab untuk bisa buat novel macam ini.

burning heat



Inti cerita Burning Heat: tokoh sakiko yang menyamar menjadi Eri yang menikah dengan tersangka pembunuhan suami pertamanya dengan tujuan menyelidiki kasus tersebut.


Sudut pandang: Orang pertama tunggal, tokoh aku yakni Sakiko (Eri chan)

Alur: Maju Mundur


Bedah Bab di dalam Novel Burning Heat


burning heat



Bab 1


Gambaran pernikahan baru tokoh aku. Dia memecahkan piring Bone china. Di bab ini ada penjelasan tentang profesi suaminya yang merupakan seorang dokter, 42 tahun, tanpa ciri khusus. “Aku” punya hobi masak dan sering masak dua lauk untuk sarapan bersama suami. Hubungan mereka digambarkan cukup canggung karena baru menikah. Ada paragraf tentang aku yang masih menyimpan kesedihan karena kepergian suami pertamanya.


Bab 2


Di sini, tokoh aku mulai menunjukkan niatnya di dalam pernikahan ini. Ia diam-diam memeriksa catatan keuangan suaminya. Digambarkan bahwa ia selalu menyalakan sinetron di televisi untuk menutupi kegiatannya mengumpulkan bukti di rumah suami barunya.


Memori tentang kepergian suaminya diceritakan secara utuh. Suami pertamanya, Tadatoka, yang meninggal karena terjatuh dari sebuah gedung apartemen memiliki kisah yang rumit. Hideo (suami kedua Sakiko) sebagai saksi mata pertama yang melihat Tadatoka jatuh dari apartemen menjadi tersangka pembunuhan suami pertamanya.


Bab 3


Di bab ini banyak fakta kematian yang mengejutkan, seperti Tadatoka sudah kena phk dari perusahaan lamanya selama 6 bulan sebelum kematiannya dan adanya kemungkinan penipuan investasi yang dilakukan Tadatoka. Korbannya ada beberapa orang, termasuk Hideo.


Bab 4


Kisah masa lalu Sakiko dengan Tadatoka, bagaimana mereka bertemu, kisah masa kecil yang sama-sama yatim piatu, dan bagaimana mereka akhirnya menikah, punya anak, dan hidup bersama.


Bab 5 


Kisah sakiko setelah Tadatoka mati dan kasusnya masuk berita. Ia diburu wartawan dan kehidupannya kacau. Ia sampai di titik terendah sampai hampir bunuh diri sampai akhirnya menemukan cara untuk mengganti identitasnya untuk tujuan penyelidikan.


Bab 6


Kisah pernikahannya dengan hideo, betapa jijiknya Sakiko ketika mesti melakukan hubungan seksual dengan Hideo. Perlakuan Hideo yang begitu hangat padanya, kebiasan masak Sakiko, dan kebiasaan Hideo di rumah.


Bab 7


Kisah Sakiko yang mesti melakukan aktivitas jenguk Akiko, adik Hideo yang sakit jantung bawaan. Kisah hideo yang menunjukkan kebaikan hati sehingga meluluhkan hati sakiko yang lama-lama ngebuat dia jatuh cinta.


Bab 8 


Kisah Sakiko yang mulai menunjukkan rasa cinta ke Hideo. Cieee, icikiwir. Hal ini diinisiasi dengan adanya kejadian di mana Sakiko jatuh pingsan di depan kulkas karena heatstroke. Demi merawat Sakiko, Hideo mengambil izin dari pekerjaannya, memasak, dan mengompres Sakiko. Keesokan harinya, mereka berkencan dan menonton film.


Bab 9 dan 10


Kecurigaan Sakiko pada Hideo karena menitipkan laptop di rumah sakit Akiko. Ia menduga bahwa Hideo mungkin memang pelaku dari kasus kematian suaminya dan mungkin akan membunuh dirinya jika ketahuan. Sakiko mulai parno dan menyembunyikan senjata tajam di sudut rumah.


Bab 11


Akiko membuka kedok Sakiko dengan menjebaknya melalui laptop hideo. Terjadi perdebatan, Akiko hampir membunuh Sakiko tapi ditahan hideo.


Bab 12 dan 13


Pengungkapan masa lalu di mana Hideo pernah tidak sengaja menabrak ayah Sakiko di tengah guyuran hujan. Demi penyesalan di dalam hatinya karena tidak menyerahkan diri ke kantor polisi, Hideo membantu kehidupan Sakiko diam-diam, seperti memberikan pekerjaan kepada Tadatoka lewat tangan orang lain lalu menawarkan investasi pura-pura agar bisa mentransfer sejumlah uang untuk Sakiko. Resolusi.


So, itulah rangkaian cerita singkat dari Burning Heat-nya Akiyoshi Rikako. Manteb kan alur maju mundurnya yang teratur itu!


Baca juga: Girls in The Dark, Teror Pembunuhan Anak SMA yang Ngerik!