Saya baru aja membaca ulang manhwa Positively Yours. Selain karena mahwa ini memang santai, cerita cinta mereka emang terlalu cute untuk hanya dibaca sekali. Makanya, untuk menyia-nyiakan waktu luang di weekend kali ini, aku berniat kembali membuka cerita manwha ini dan membacanya dengan seksama.

positively yours

Setelah aku baca ulang, rasanya inti manhwa ini adalah tentang perjuangan Hee Won untuk menemukan dirinya sendiri melalui cinta. Jadi, cinta adalah katalisnya, tapi inti ceritanya adalah tentang perkembangan dirinya sendiri melalui cinta. 


Manusia kan pada dasarnya memang dinamis. Nah, tokoh Hee Won memiliki cerita yang panjang dan menarik tentang perubahan dirinya menjadi lebih baik melalui 1000 derita cinta dengan Kang Doo Joon, si pria super kaya, tampan, dan baik hati. Duh!


Lika liku penderitanya juga menarik dan bervariasi, mulai dari pergulatan batin ketika dia tahu bahwa ia hamil, pergulatan dengan cinta pertamanya sekaligus teman dekatnya sendiri, pergulatan dari pihak Doo Joon di mana ada wanita yang terobsesi sama dia dan berniat mencelakakan Hee Won, sampai pergulatannya saat ia sudah melahirkan.


Setelah melahirkan, hubungan Hee Won yang buruk dengan emaknya perlahan membaik. Rasanya setelah melihat perkembangan kehidupan Hee Won yang terus menerus menuju puncak karena menemukan pasangan yang tepat berhasil membuat pembaca iri setengah mati sama keberuntungan Hee Won. 


Coba pembaca manhwa Positively Yours menyebutkan satu saja kekurangan Kang Doo Joon, satuuuu aja…pasti nggak ada deh. Dia itu sudah mah digambarkan sangat sabar, sangat ganteng, sangat atletis, sangat kaya, dan ….. sangat cinta Hee Won. Sialan emang penulisnya. Ck. Oiya, ada satu kekurangan Kang Doo Joon, yakni dia gak nyata. Itu aja rasanya yang jadi kekurangannya. 


positively yours

Detail-detail yang jadi cobaan untuk pasangan Kang Doo Joon dan Hee Won juga ditulis dan runut. Mulai dari perdebatan di antara mereka sendiri. Lalu dengan adanya masalah dari luar yang perlahan muncul, misalnya rasa iri teman staf guru di sekolah menimbulkan tekanan bagi Hee Won, atau adanya stalker dari masa lalu Doo Joon, membuat pasangan ini makin lengket. 


Kisah cinta para tokoh sampingan juga diceritakan meski gak panjang lebar. Misalnya saja kisah cinta ponakan Doo Joon sama kakak kelasnya yang long lasting. Kisah cinta emak Hee Won sama staf dosen di kampusnya, sampai kisah cinta anaknya Hee Won yang mungkin akan ada lanjutannya, hihihi. 


So, perlu gak sih mengeluhkan tokoh utama yang serba sempurna? Untuk Positively Yours sih rasanya perlu ditekankan bahwa Kang Doo Joon terasa seperti peran pembantu dengan tokoh utamanya adalah Hee Won. Rasanya kesempurnaan Kang Doo Joon gak cocok untuk dijadikan karakter utama. Hee Won dengan segalanya ketidakstabilan di dalam dirinya karena tumbuh tanpa keintiman dengan emaknya justru menjadikannya tokoh yang tepat untuk jadi tokoh utama yang banyak terluka. Aiiiiiiiihhh…


Tokoh utama hampir selalu dibuat berdarah-darah. Ada gak ya cerita yang mengusung tokoh tanpa hasrat dan keinginan serta bercita-cita hidup dalam kedamaian? Mungkin ada, aku belum nemu aja bukunya.