Cung hand yang bahagia banget sama drakor romcom yang belakang ini mewarnai jagad raya Netflix? Yap, salah satu rom com yang lagi beken adalah A Business Proposal. Drama santai nan lucu nan klise ini lagi on going dan sudah rilis sampai episode 6. 

Sinopsis A Business Proposal


a business proposal

Kisah ini menceritakan tentang karyawan perempuan di sebuah perusahaan makanan bernama Shin Ha Ri. Ia menjadi pengganti temannya di acara kencan buta, namun ternyata pasangan kencan buta tersebut adalah bosnya sendiri di kantor. 


Lambat laun, bosnya yang bernama Kang Tae Mu ini mengetahui bahwa wanita yang ia temui itu hanya pengganti. Karena terlanjur tertarik dengan kepribadian Shin Ha Ri yang aneh dan blak-blakan selama kencan buta, sepertinya Kang Tae Mu kini sengaja mengincar Shin Ha Ri dan mengajaknya pacaran pura-pura. 


Yaaah…… kalian pastilah  sudah tahu ini akan mengarah ke mana kan saudara-saudara? Yap, sangat khas drama korea zaman dulu yang cute dan klise. Saya sukaaa. 


Komedi di dalam Drakor A Business Proposal 


a business proposal

Meskipun inti cerita drama A Business Proposal terkesan sederhana, tetapi humor yang ada di dalamnya lumayan menghibur. Ceritanya ringan dan konfliknya terasa main-main. Emang cocok sih untuk jadi tontonan penghibur di akhir pekan. 


Ketika saya menulis review ini, konfliknya sudah mulai kegiatan pelan-pelan. Yap, seperti biasa, si tokoh utama, Kang Tae Mo, nampaknya punya trauma mendalam tentang hujan yang berkaitan dengan kecelakaan orang tuanya di masa kecil.  


Kisah Cinta ala Cinderella


a business proposal

Tipe-tipe cerita macam A Business Proposal emang enak banget sih buat dinikmati. Pasangan yang tampan, kaya raya, dan tinggi semampai emang kayanya jadi kategori utopia banget buat cewek-cewek, wkwk. 


Emang nggak bisa dipungkiri sih nahwa mata ini lebih suka sama yang indah-indah macam babang Kang Tae Mu itu. Apalagi, kepribadian belio kayaknya oke plus lulusan universitas kece pula. Ini tuh sudah kayak mimpi jadi nyata. 


Akan tetapi, kisah begini emang enaknya dinikmati di drama. Sesuatu yang terlalu indah rasanya terlalu too good to be true. Mereka emang cuman ada di buku atau di film.


Konsep too good to be true emang menjual banget sih. Sebut saja drama lainnya yang sejenis misalnya, Boys Before Flowers, What’s Wrong with Secretary Kim, atau drama macam Upin Ipin, eh bukan.


Saya pun menikmati genre drama macam gini. Enak aja gitu melihat kebahagiaan dan kebetulan yang terus-menerus terjadi. 


Sisi Shin Ha Ri si Pekerja Keras


a business proposal 4

Shin Ha Ri sebagai karakter peneliti produk makanan emang jadi sisi yang menarik. Apalagi, sosok cinta pertamanya sendiri adalah seorang koki yang sudah berteman dengan dirinya selama 7 tahun. Ini jadi pondasi yang kuat untuk melandasi alasan ia nggak langsung jatuh cinta dengan Kang Tae Mu yang menawan. 


Sisi pekerja keras dari karakter Shin Ha Ri pula yang jadi daya tarik utama bagi Kang Tae Mu sehingga babang Kang berniat melanjutkan rasa sukanya tanpa harus balas dendam karena sudah dibohongi selama blind date. Oke juga sih hubungan timbal baliknya.  


Hal ini yang mungkin agak sedikit berbeda dengan kisah aslinya di Webtoon. Tapi, saya rasa versi ini lumayan menarik dan justru menambah poin bagus dari dramanya. 


Menurut saya drama A Business Proposal oke sih untuk hiburan. Untuk yang nggak suka konflik yang dalam dan berat, drama ini bisa jadi pilihan yang bagus. Sudah ah, saya mau cuci piring dulu. 


Baca juga: Makna Konflik dalam Keluarga dan Drama Forecasting Love and Weather