Sebagai emak mager, saya sudah mengumpulkan niat untuk membuat bento alias bekal untuk anak saya bawa ke sekolah. Menunya sederhana, seperti roti bakar, roti telur, atau roti pakai selai, pokoknya yang serba lima menit selesai.

Sejak masuk SD, dia mulai minta menu baru. Walaupun mager, tentu tetap saya sediakan 3 jenis menu baru yang juga serba lima menit selesai, seperti, nasi dengan nugget dino, nasi dengan nugget alfabet, atau nasi dengan nugget pesawat terbang. 

Namun, kemageran saya akhirnya luluh karena anak saya pamer dengan bangga bahwa ia dikasih bekal temannya dengan menu sushi. Berhubung saya mudah terprovokasi plus mudah FOMO, makanya saya putuskan untuk beli perkakas dan perintilan untuk membuat bento di marketplace online.  


Perintilan bento itu ternyata banyak banget lo, Mak. Mulai dari alat cetak nasi, alat membulatkan nasi, alat gulung nasi, nori kering, mangkuk saus kecil, sampai wadah silikon untuk lauk pauk. Ciamik, cantik, dan estetik pokoknya.


Alat Manipulasi Nasi di Bento


bento

Alat di bawah ini adalah alat untuk membulatkan nasi. Cara penggunaannya cukup asyik, lo Mak. Masukkan nasi ke dalam alatnya, lalu goyang-goyangkan alatnya seperti lagi ngocok arisan. Hasilnya, nasi akan jadi bulat secara otomatis. Jangan lupa untuk menambahkan nori bubuk ke dalam nasinya sebelum dibulatkan agar rasanya makin enak.


alat bento
Foto dari website Shopee

Kalau yang di bawah ini adalah alat untuk membentuk nasi. Onigiri segitiga juga bisa dibuat pakai alat ini. Masukkan nasi ke dalamnya lalu padatkan dan dorong dengan bagian belakang cetakannya. Mencetaknya susah-susah gampang. Kadang, nasi yang dimasukkan terlalu sedikit, jadinya bentuknya gak solid sehingga mudah rusak.


alat bento
Foto dari website Shopee


Silikon Wadah Lauk-pauk


Wadah silikon ini juga menjadi ikon bento yang kekinian. Rasanya gak lengkap kalau membuat bento tanpa adanya wadah silikon yang warna-warni ini. Kalau luput membeli wadah silikon ini ibaratnya seperti sayur tanpa garam, lebaran tanpa ketupat, aku tanpa kamu, aiiih. 


alat bento
Foto dari website Tokopedia

Sebenarnya dari segi fungsional, wadah ini gak gitu guna sih. Mau diberi wadah atau tidak, ayam goreng ya tetap jadi ayam goreng. Tapi, yah yang namanya unsur estetis tidak bisa dibohongi. Dengan sentuhan warna-warni wadah silikon ini, nuansa bento jadi makin semarak dan makin hidup, lalu mood makan jadi meningkat, prestasi anak menjulang, sehingga harapan orangtua yang setinggi langit dapat tercapai. Aiiih.


Tusukan Unyu 


alat bento
Foto dari website Lazada

Selain wadah silikon, tusukan plastik ini juga termasuk barang bento tanpa fungsi tapi super lucu yang aku sempat beli. Aku sempat beli 6 biji pada awalnya, meski sekarang tidak tersisa sama sekali, entah hilang atau juga diminta sama teman-temannya anakku di sekolah. 


Fungsinya sangat sederhana, yakni untuk menusuk lauk seperti pada gambar. Kenapa tidak pakai garpu saja? Nah, saya pun tidak bisa menjawab pertanyaan ini. Karena pada hakekatnya, benda ini dibuat karena lucu dan imut sehingga anak-anak jadi lebih semangat makan.


Setelah semua alat-alat canggih itu, saya akhirnya berhasil membuatkan bento sushi untuk anak saya, lengkap dengan wadah silikon warna-warni untuk memberikan dukungan psikologis yang ceria pada kehidupannya. Sayangnya, saya mau pamer hasilnya tapi foto bekalnya tidak ketemu. 


Selain sushi, saya juga sudah mengenyahkan kemageran membuat bekal sehingga 3 menu serba nugget sudah tergantikan dengan menu lainnya, misalnya onigiri, ayam katsu, mi telor, sosis gulung, atau kentang perkedel. Pada akhirnya, solusi kemageran saya adalah printilan bento yang tak penting.


Baca juga: Ide Kegiatan yang Bisa Dilakukan Ketika Ayah dapat Cuti Melahirkan