Belakangan ini saya lagi menikmati banget drama korea yang lagi on going di Netflix, salah satunya Dr Cha. Biasanya saya ogah bangat nonton drakor nyicil kaya begini, tapi Dr Cha emang kece dan lucu dan sedih juga jadi nggak akan ngebuat mood nonton lenyap meski harus nunggu seminggu.  

Sinopsis Drama Dr Cha


dr cha ending

Dr Cha adalah salah satu drama besutannya Netflix yang punya inti cerita tentang ibu rumah tangga yang kembali menggeluti pekerjaanya di ranah publik sebagai dokter. Keren kan. Sudah hampir 20 tahun si ibu ini berhenti bekerja untuk mengurus anak-anaknya. Lalu karena ada peristiwa besar yang jadi pemicunya, Cha Jeong Suk akhirnya yakin untuk kembali jadi dokter dan memulai magangnya sebagai dokter residen di tempat suaminya bekerja.


Sialnya, si suami, Seo In Ho yang diperankan oleh Kim Byung Chul ini melakukan perselingkuhan selama bertahun-tahun dengan koleganya sesama dokter di rumah sakit yang sama. Kacaulah dunia Seo In Ho karena jelas Dr Cha cepat atau lambat pasti akan mengetahui perselingkuhan mereka karena sudah memutuskan kembali bekerja. Benar saja, setelah mengetahui perselingkuhan antara Seo In Ho, drama Dr Cha jadi makin seru!


Meski mengusung tema perselingkuhan, drama ini terhitung ringan karena banyak kekonyolan yang dilakukan sama karakternya. Tokoh Seo In Ho yang menyebalkan, sangat nggak tahu diri, dan selalu ragu untuk mengambil keputusan jadi karakter yang bagus banget untuk jadi simbol konyol di drama Dr Cha. 


Konflik di dalam Dr Cha gak melulu soal perselingkuhan suaminya, tapi juga soal perjuangan untuk meraih mimpi, parenting, dan kemungkinan adanya cinta yang baru. Nah, untuk poin yang terakhir ada tokoh saingan Seo In Ho bernama Roy Kim yang juga dokter dengan fisik super wah, masih muda, dan berbakat. 


Percik-percik cinta antara Roy Kim dan Dr Cha memang hanya digambarkan samar-samar, malah agak ke arah cinta sebelah tangan. Namun, agaknya Dr.Cha lumayan tertarik sama dr Roy meskipun ga ada satupun pernyataan cinta yang keluar dari Dr Cha. Untuk tokoh Roy Kim sih memang dinarasikan sebagai tokoh yang menunjukkan ketertarikannya dengan jelas, seperti beberapa kali membantu Dr Cha, bahkan sampai memeluknya.


Jokes soal Roy Kim yang masih kinyis-kinyis bila dibandingkan dengan Seo In Ho yang mulai menua dan monopause diperjelas oleh anaknya sendiri ketika mulai menebak ketertarikan dr Roy dengan ibunya. Sebagai anak yang tahu perselingkuhan ayahnya, sepertinya Seo Jung Min tidak akan complain bila emaknya memilih cerai dan memulai cinta yang baru dengan Dr. Roy.


Menebak Ending Dr. Cha


dr cha ending

Sebagian teman-temanku menduga bahwa drama Dr Cha gak akan berakhir dengan adanya cinta yang baru dengan Dr. Roy. Cerita yang paling mungkin adalah Dr Cha akan meraih kebahagiaannya sendiri dengan meniti karirnya lagi, memiliki relasi yang baik dengan anaknya, serta cerai dengan suaminya yang jadi tukang selingkuh. 


Namun sialnya, ending episode 14 agaknya membuat saya ragu dengan analisis itu. Di episode itu Dr Cha berlari bersama dengan Kim Roy yang sedang kesulitan terkait masalahnya pribadinya. Dari sini sepertinya Dr Cha tidak akan berakhir tanpa adanya sedikit saja cinta-cintaan.


Saya sendiri berpendapat bahwa mungkin Dr Roy dan Dr Cha akan berakhir bersama, meski gak sampai menikah. MUNGKIN loh ya, hoho.   


Definisi Bahagia ala Drama Dr.Cha


dr cha ending

Kesabaran dr Cha sebagai ibu rumah tangga yang sudah pisah kamar sama suaminya bertahun-tahun memang patut diacungi jempol. Niatnya sangat kuat untuk terus mempertahankan rumah tangganya bahkan sampai membuat saya rasanya jadi skeptis, benarkah ada sosok dr Cha di dunia nyata. Mungkin memang ada.


Bahkan ketika Dr Roy mengkritik karakter suaminya, Dr Cha hanya menjawab bahwa suaminya dulu tidak seperti ini. Namun, yang namanya kehidupan ada saja masalah sehingga rasa syukur akan terus berkurang setiap harinya. Melihat Dr Cha, sosok IRT memang sangat berhak untuk bahagia, entah dengan menukar waktunya dengan memperjuangkan mimpi atau dengan menikmati apa yang sudah ada.


Baca juga: Queen Charlotte, Drama Cinta Gila yang Benar-benar Gila