I Choose the emperor ending adalah salah satu manhwa yang punya jenis kisah di mana tokoh utamanya impor dari dunia nyata yang kemudian terjebak di dalam novel buatannya sendiri. Saya sudah cukup sering sih baca komik macam gini tapi kok ya gak bosan-bosan ya. 


Kisah Singkat I Choose The Emperor Ending

i choose the emperor ending
Sinopsis singkat kisah ini adalah seorang ilmuwan terjebak di novel karangannya sendiri melalui alat ciptaannya sendiri. Ck, kasian amat. Ia kemudian dijual sebagai budak. Karena gak mau punya kisah hidup yang nelangsa, ia menawarkan diri ke pemimpin setempat, tuan tanahnya Lasnarok, Duke Edward Allen Dihas, untuk menjadi teknisi di kastilnya.

Dari sini, perjalanan ilmuwan yang menyamar menjadi budak laki-laki bernama Rino untuk menjadi teknisi tentu akan berliku, karena dia tokoh utamanya. Tingkah laku Rino tiap kali melihat Duke Edward juga lucu. Ia sering memuji karakternya sendiri dengan sebutan “My Baby”.


Tantangan pertama datang dari sang raja yang sedang berkuasa. Karakter sang raja digambarkan sebagai penguasa amoral yang serampangan. Ia kekanak-kanakan sekaligus mengerikan. Padahal dulu ia adalah sahabat masa kecil sang duke Edward. 


Raja menunjukkan keinginan untuk memiliki sang teknisi dengan maksud mengganggu duke Edward. Di sini, kecenderungan rasa suka dari duke Edward kepada Rino memang sudah terlihat. 


Konflik Berliku dari I Choose The Emperor Ending 


i choose the emperor ending
Inti dari cerita ini adalah konflik percintaan. Yah, pada awalnya saya memang berharap adanya intrik konflik yang lebih dalam seperti yang ada di manhwa Light and Shadow. Tapi, yah emang gak ada konflik yang begitu berarti.


Konflik awalnya hanyalah tentang ilmuwan yang terjebak dalam novel fiksi buatannya sendiri. Lalu, sebagai tambahan ada persahabatan masa kecil duka edward dengan si raja yang sepertinya akan jadi penghalang si tokoh male lead untuk menyingkirkan karakter raja yang terbilang brutal. 


Namun, seiring waktu berjalan nampaknya yang jadi konflik utama malah soal cinta-cintaan Rino Dengan Duka Edward. Apalagi, pada awalnya Edward gak tahu kalau Rino adalah seorang perempuan. Jadi ada semacam perasaan gamang dan galau-galaunya lah. Kasihan.  


Konflik tambahannya datang dari ksatria Duke Edward itu sendiri karena ia juga menyukai Rino. Yah, Rino pasti menikmati keberadaanya yang dikelilingi dengan karakter-karakter ganteng. 


Plus Minus I Choose The Emperor Ending

i choose the emperor ending

Untuk sebuah cerita, I Choose the emperor ending memang B aja. Kisahnya bagus tapi gak wow banget karena alur konflik yang begini udah lumayan sering ditulis. Kisah yang terjebak di dunia fiksi, lalu menarik minat para tokoh di dalamnya, lalu jatuh cinta, lalu datang konflik yang lebih besar dari raja atau dari penguasa lain.


Tapi, alur begini tetap seru kok untuk dinikmati karena membangkitkan minat pembaca perempuan untuk terus mengikuti kisahnya sampai akhir. Apalagi, kisah cintanya memang seru karena tokoh utama ceweknya kuat dan nggak yang cuman duduk diam doang menunggu pertolongan. Yah, okelah.


Baca juga: The Silent Sea, Drakor Sci Fi Luar Angkasa dan Misterinya