Soundtrack selalu tidak lepas dari perhatian maniak drakor, karena bagaimanapun OST menjadi salah satu penentu penting ketenaran sebuah drama. 

Coba perhatikan drama-drama sukses yang berhasil memecahkan rekor rating! Pasti, ia memiliki lagu andalan yang membekas di telinga pendengarnya. 

Princess Hours yang dirilis tahun 2006, punya OST yang masih terus diingat banyak orang sampai sekarang. Full House yang dirilis pada tahun 2004, juga punya OST yang sama fenomenalnya.

So, berikut ini list dari beberapa OST terbaik dari beberapa drama terkenal. 

Encounter

sountrack drama korea terbaik encounter
Drama cover Encounter. Sumber ilustrasi: Liputan6.com.

Teman-teman pasti tahu lah ya, drama Encounter yang sempat tayang di tahun 2018 lalu di saluran Tv-N. Drama ini diperankan oleh bintang star andalan banyak orang yakni Song He Kyo dan si manis imut-imut babang Park Bo Geum. 

Kisah dramanya sendiri sangat sederhana, yakni tentang kisah cinta yang menyedihkan antara seorang janda kaya dan karyawannya. Sejujurnya saya nggak gitu bisa menikmati jalan ceritanya.

Selain karena lumayan membosankan, Park Bo Geum di sini kok kesannya lemah banget, wkwkwk. Saya cenderung suka nonton drama yang tokoh cowoknya setrong. Saya lebih suka Park Bo geum di drama Hello Monster, di mana ia menjadi tokoh pembunuh psikopat.

Tapi, berkat lagu soundtracknya yang warbiasah bagus, saya bisa menonton kisahnya sampai selesai.

Mari kita bedah OST Encounter satu per satu.

1. Take Me On by Salt n Paper
Lagu ini sering banget jadi latar adegan di mana Park Bo Geum sedang galau sendirian meratapi nasib di pinggir pantai, wkwk.





2. The Night by Eric Nam
Lagu The Night yang jadi latar drama Encounter merupakan soundtrack yang menemani adegan romantis ketika mereka sedang menikmati waktu berdua. Misalnya ketika mereka berdua sedang menuju kafe teh rahasia. 


Crash Landing on You 

sountrack drama korea terbaik Crash Landing on You
Drama cover Crash Landing on You

Sebagai drama pemecah rekor rating di Tv-N tahun 2019, Crash Landing on You sudah pasti punya beberapa soundtrack ciamik yang enak untuk dinikmati di kala senggang.

Adegan dalam drama ini cukup variatif, mulai dari tegang kejar-kejaran, romantis ketika sedang berdua, dan sedih ketika nanti mereka berpisah, sehingga genre OST-nya juga beragam. 

Saya akuin sih, drama Crash Landing on You termasuk drama hampir perfect yang punya cerita menarik, OST yang bagus, dan artis pemeran yang kece badai. Sayangnya, plot tegangnya berakhir ketika kisah mereka dibawa ke Korea Selatan. Kebanyakan adegan pacarannya doang, tegangnya berkurang drastis.

So, langsung aja. Berikut ini list OST yang kece di drama Crash Landing on You.

1. Here I am again by Yerin Baek



2. Picture of My Heart by Song Ga In 
OST yang ini cukup spesial, sangat spesial, spesial banget, nget. Lagu ini dipakai ketika Son Ye Jin ditangkap tentara Korea Utara dan Hyun Bin hanya bisa menangis di telepon. Uwooo sekali.


It’s Okay To Not Be Okay

soundtrack drama terbaik it's okay to not be okay

Sebagai drama baru, It’s Okay To Not Be Okay sangatlah unik dan punya cita rasa berbeda. Alur ceritanya berkelok-kelok dan terus menyimpan rahasia bahkan sampai di episode 12. Teka-teki keberadaan masa lalu Go Moon Young dan ibunya sebagai tersangka pembunuhan berlum terbuka dan membuat penonton semakin penasaran..

Nah, OST-nya pun nggak kalah asyik dari plot ceritanya yang suka melompat-lompat. Berikut beberapa OST favorit saya.

1. In Silence by Janet Suhh
Asli sih. In Silence adalah OST yang nadanya sedih banget, sehingga selalu dipakai untuk adegan tokoh utama yang sedang tersakiti. 

Lagu ini meninggalkan kesan kesedihan karena kekosongan jiwa dalam waktu yang lama. Duh, mengiris jiwa mak.



2. Wake Up by Elaine   
Ini adalah OST yang paling sering dipakai ketika Go Moon Young mulai bertingkah gila dan seenaknya. Nadanya nakal, sehingga cocok banget lah dipakai untuk menunjukkan ketidakwarasan si penulis dongeng cantik Go Moon Young. 


Yap, sekian dari saya list lagu drama korea terbaik. Selamat mendengarkan. Saya mau cuci piring dulu.