Belakangan ini istilah healing emang lagi santer banget, ya. Jenuh kerja dikit langsung healing ke Amerika. Bad Mood dikit langsung piknik ke Singapura. 

Wkwk, kelihatannya emang enak banget, sih. Tapi, healing versi budget mahal kan nggak semua orang bisa wujudkan, apalagi untuk kalangan emak-emak yang mesti simpan anggaran untuk makan sebulan plus kebutuhan baby.


Padahal, kegiatan healing bisa banget kok dilakukan dengan sederhana di rumah. Yuk intip tipsnya di sini.


Tips Healing untuk Ibu Rumah Tangga


healing ibu


Tidak bisa dihindari bahwasannya kegiatan bersih-bersih rumah itu menjenuhkan sekali. Baru cuci piring tadi pagi, siangnya udah numpuk lagi. Baru aja kelar setrikaan kemarin, sekarang udah beranak-pinak nggak terkendali. 


Pekerjaan rumah tangga emang segitu beratnya, sehingga mak-emak di rumah nggak perlu merasa bersalah ketika bad mood mulai menyerang. 


Namun, hal ini tentu mesti segera dikendalikan agar perasaan buruk di dalam hati tidak membuat tanggung jawab, terutama ke anak, jadi terbengkalai. Kegiatan healing bisa menjadi salah satu alternatif cara untuk mengendalikan segala jenuh di dalam pikiran.


Berikut ini adalah beberapa kegiatan healing sederhana yang bisa bunda lakukan di rumah.


Melakukan Hobi


healing ibu


Believe me, memiliki hobi ketika sudah jadi mak-emak itu bisa berasa enaaak bangeeet. Hobi yang bisa dimanfaatkan untuk healing itu nggak harus yang berfaedah untuk umat manusia, cukup yang berfaedah untuk menyenangkan diri sendiri aja. 


Kegiatan healing yang seperti ini bisa berwujud dalam aktivitas apapun, misalnya nonton drama korea, baca komik, atau hobi ngemol, wkwk. 


Nah, kalau emang bunda sudah menemukan kegiatan yang disukai dari hati, bisa tuh diniatkan untuk mendalami hobi secara menyeluruh.


Biasanya, ada aja sih rejeki yang datang ketika bunda sudah mendalami hobi dengan sungguh-sungguh, misalnya dapat feedback berupa uang, teman, atau ilmu baru. Menyenangkan banget lah bisa punya kegiatan lain selain mandikan anak dan cuci piring.


Curhat sama Teman


healing ibu


Ngobrol atau menjalin relasi di sela kegiatan rumah bisa banget lah jadi healing yang berkualitas. Dengan memiliki teman, bunda bisa bercerita soal drama baru, isu viral, sampai soal fenomena perpolitikan yang lagi santer di media sosial. 


Mempelajari Minat Baru 


healing ibu


Di momen pandemi gini, banyak banget kelas yang diadakan secara daring, mulai dari soal kepenulisan, kelas MPASI, kelas desain, sampai kelas apapun yang bunda butuhkan dipastikan ada.


Karenanya, bunda bisa mengambil kesempatan emas ini untuk menggali lagi potensi untuk belajar hal baru, misalnya ingin membangun media podcast, fotografi, atau ingin jadi youtuber masak-memasak.


Kelas online seperti ini pun tersedia melimpah baik yang berbayar ataupun yang gratis. Yah, meskipun untuk yang gratis, Bunda mesti menyediakan waktu lebih untuk mencari informasinya karena hanya diadakan sesekali saja.


Ikut Komunitas

healing ibu


Ketika bunda sudah memiliki hobi yang cocok di hati, kini saatnya untuk masuk ke dalam komunitas hobi tersebut. Berkumpul bersama orang dengan  hobi yang sama bisa membuat bunda lebih mudah untuk mendapat informasi serta ilmu baru.


Kegiatan berdiskusi demi memperdalam hobi juga mudah dilakukan jika ada di dalam komunitas.


Selain komunitas hobi, kelompok arisan atau kelompok lainnya yang ada di lingkungan rumah juga bisa kok jadi wadah yang membuat bunda jadi berdaya.


Melakukan Perawatan Diri


healing ibu


Perawatan diri emang cocok banget sih untuk kegiatan healing ketika bayi lagi bobo cantik. Bunda bisa melakukan lulur, masker wajah, atau sekadar melakukan skin care step rutin sebelum tidur.


Untuk skin care step routine, pengalaman saya mungkin bisa jadi referensi. Biasanya sih, sebelum tidur saya rutin membersihkan wajah lalu menggunakan toner dan serum dari produk Scarlett Whitening.  


Produk dari Scarlet Whitening bebas dari merkuri dan hydroquinon, terdaftar di BPOM, serta keasliannya bisa diperiksa di link https://verify.scarlettwhitening.com


Produk Toner Scarlett Whitening: Brightly Essence Toner


healing ibu


Alasan saya memilih produk ini karena karakteristik wajah yang cenderung tidak berjerawat namun terlihat kurang glowing. Makannya, toner ini cocok lah karena bisa menutrisi dan melembabkan wajah. 


Toner ini mengandung Vitamin C, Glutathione mencerahkan kulit, Witch Hazel Extract, Jeju Propolis Extract, Allantoin, Niacinamide membantu meminimalkan pori-pori yang membesar, dan Grape Water melembabkan, menenangkan dan menyegarkan kulit.


healing ibu

Tekstur produk ini cukup ringan dengan warna bening seperti yang sudah terlihat di foto.



Produk Serum Scarlett Whitening: Brightly Ever After Serum


ibu healing


Setelah toner, produk serum tentu nggak boleh lupa untuk diaplikasikan di wajah. Terkhusus serum, saya suka banget sih sama produk Brightly Ever After Serum ini. Efek glowingnya berasa setelah pemakaian beberapa waktu, baunya ringan, dan teksturnya mudah menyerap. 


Serum ini mengandung lavender water, phyto whitening, niacinamide, glutathione, dan vitamin C. Bahan-bahan ini memiliki manfaat untuk membantu mencerahkan, meningkatkan elastisitas kulit wajah, dan memudarkan bekas jerawat.  


Produk Serum Scarlett Whitening: Glowtening Serum


ibu healing

Nah, untuk serum yang satu ini saya juga baru tahu bahwa cara mengaplikasikannya adalah setelah serum pertama (bisa serum Brightly atau Acne). Teksturnya memang lebih kental dibandingkan dengan Brightly serum, namun sedikit lebih ‘cair’ dibandingkan dengan krim moisturizer yang biasa kita pakai. 


Ini pertama kalinya sih saya pakai dua serum dan hasilnya cukup menyenangkan. Wajah terasa lembap dan makin kinclong. 


Serum Glowtening ini mengandung tranexamide acid, calendula oil, olive oil, allantoin, licorice extract. Semua bahan-bahan ini memiliki manfaat untuk membuat kulit wajah menjadi lebih glowing, menyamarkan bekas jerawat, garis halus dan flek hitam. 


Semua produk skincare dari Scarlett Whitening aman untuk digunakan bumil, busui, dan anak di atas 13 tahun. Terkhusus bagi busui dan bumil, pemakaian sebaiknya dilakukan dengan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan masing-masing. Skincare Scarlett Whitening bisa dibeli di https://linktr.ee/scarlett_whitening


Sekian dulu artikel saya tentang tips healing untuk ibu rumah tangga. Semoga bermanfaat, saya mau cuci piring dulu.


Baca juga: Review Scarlett Whitening Skincare, Oke atau Enggak?