Sekali lagi saya batu merampungkan another manhwa cinta-cintaaan lintas ras berjudul A World Rules by Cats.

Seperti judulnya, tema di dalam manhwa ini bertemakan dunia kucing yang memiliki pemerintahan kucing. Ras manusia jadi hewan peliharaan atau budak. Sedangkan ras anying anjing jadi karakter penguasa dunia bawah tanah yang melakukan jual beli budak manusia. Yah, begitulah.


Sinopsis A World Rules by Cats


a world rules by cat

Nora adalah anak SMA yang tenggelam di sungai. Ketika bangun ternyata ia langsung berada di dunia yang berbeda, di dunia yang diatur oleh kucing. Di sini, ia langsung dibawa ke sebuah shelter manusia, yah miriplah sama shelter hewan liar. 


Dalam sebuah kesempatan, Nora lalu diadopsi oleh seorang keluarga kucing bangsawan yang rupanya agak mirip sama kucingnya yang dulu pernah ia pelihara bernama Milky. Yah, sebenarnya emang lelaki kucing versi ganteng ini adalah Milky yang dulu pernah melanglang buana di dunia manusia.


Dulu, keluarganya si kucing ganteng pernah dibantai oleh manusia. Sebelum benar-benar dibunuh, si kucing ganteng dibuang ke dunia manusia sehingga ia bertemu dengan Nora. Milky di sini dirawat dengan sangat baik oleh Nora. Dan, ketika keadaan sudah membaik, kucing ganteng kembali ke dunianya.


Tanpa diduga, Nora kini yang sedang tersesat du dunia kucing. Kinilah, saatnya si kucing ganteng untuk membalas kebaikan Nora di masa lalu. 


Cinta-Cintaan di  A World Rules by Cats


a world rules by cat

Yups, kisah cinta di cerita A World Rules by Cats emang klise dan mudah ditebak. Seiring berjalannya waktu, mereka saling suka walaupun nggak saling ngaku. Ck, si kucing ganteng mungkin nggak paham bahwa perasaan yang nggak dinyatakan dengan kata-kata hanya akan jadi prasangka dan duga-duga sehingga akibatnya adalah sad ending. Hiks.


Well, kisah di dalam webtoon ini emang nggak hepi ending, tapi ya enggak sad juga. Konfliknya cukup ringan, meskipun Nora kembali mati. Ck, Nora lemah banget sih.


Si kucing ganteng juga melakukan pendekatan yang nggak jelas. Khas banget tokoh ganteng, sih.


Konflik Ras yang Cukup Intens


a world rules by cat

Well, konflik yang jadi inti cerita A World Rules by Cats selain cinta adalah tentang parahnya rasisme yang terjadi di sana. Manusia sebagai ras paling rendah di dunia itu menjadi kaum yang terpinggirkan dan mesti mengalami susahnya hanya untuk bertahan hidup.


Nora sebagai tokoh manusia yang punya bekingan kuat tentu jadi semacam simbol kebangkitan yang sangat penting. Akibatnya ia jadi sangat tersorot dan memiliki musuh di mana-mana. 


Emang yang paling betul itu adalah tidak berjuang dan cinta-cintaan saja dengan aman dengan si kucing ganteng. Namun, dengan tidak berjuang, tokoh Nora tentu akan kehilangan daya tariknya. Yah, pilihan.


Hal yang Saya Sukai dari A World Rules by Cats


a world rules by cat


Buat mak emak macam saya, cinta-cintaan yang malu-malu macam anak SMA gini terasa cute sih. Tokoh kucing ganteng dan Nora saling menunjukkan rasa suka yang tersembunyi. Masa lalu si kucing ganteng yang pernah diselamatkan Nora di dunia manusia juga jadi semacam alibi cinta yang bagus.


Cerita begini emang enaknya dibaca setelah nonton drama keras maca Hellbound atau All of Us are Dead. Setelah jenuh dengan drakor hingar-bingar kekerasan manusia, kisah di A World Rules by Cats bisa jadi penyegar untuk merefresh otak dan pikiran. Yooo, selamat membaca. Saya mau cuci piring dulu.