Belakangan ini, duh aku benci dengan kalimat pertama yang menggunakan kata 'belakangan ini'. Rasanya terlalu fabricated, sangat terasa nuansa artikel kakunya. 

Tapi, btw belakangan ini aku lagi rajin masak. Jenisnya macam-macam, kadang sayur sop dengan dumpling beku, lalu perkedel kentang, dan yang paling mudah adalah menggoreng tahu tempe. 

ayam santan
Karena bosan, belakangan ini pun aku mulai bertanya pada emak di rumah tentang menu baru, yang menurutku sulit, yang pakai kuah santan. Berbulan-bulan lamanya aku menunda belajar masakan yang pakai santan. Rasanya terlihat sangat sulit, sangat elit, dan waw. 


Setelah tahu teori, ternyata lumayan gampil lah. Intinya adalah melarutkan bumbu halus di dalam kuah yang nantinya akan dicampur santan. Santan di sini tentu saja santan instan yang ada di toko kelontong, yang serba mudah, nggak pakai ribet. 


Setelah semua bumbu, mulai dari bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, cabai besar kalau mau, laos sereh, daun salam, santan, dan tentu saja jangan sampai lupa ayamnya mesti dibeli dulu. Kalau ayamnya jadi kelupaan, jadinya cuman kuah santan saja, bukan ayam kuah santan.


Detail Tentang Bumbu Halus Ayam Santan

ayam santan

Untuk takaran bumbu sebenarnya bisa dikira-kira sendiri. Lebih mudah mengira-ngira bumbu daripada mengira-ngira perasaan si dia yang suka nggak jelas. Maaf.


Untuk setengah ayam, bumbu yang diperlukan kira-kira adalah sejumput mood yang baik, dua sendok kenangan yang mesti dikubur, serta mimpi indah masa lalu yang kini mesti digali kembali. Wkwk.


Inilah detail bumbu untuk ayam kuah santan ala mak saya.


Bawang merah 4 biji 

Bawang putih 2 biji

Jahe kunyit sedikit

Cabai besar sedikit 


Seluruh bumbunya diblender dan di tumis.


Untuk bumbu aromatiknya:


Laos sedikit (geprek)

Serei (satu biji geprek)

Daun salam (satu lembar)


Cara Memasak Ayam Kuah Santan

ayam santan


1. Setelah bumbu dasar dihaluskan menggunakan blender, masukkan bumbu halus ke dalam wajan untuk ditumis, sampai matang dan dewasa agar siap mengarungi bahtera rumah tangga.

2. Sesudah bumbu matang, masukkan bumbu aromatik seperti daun salam, laos yang sudah digeprek, dan sereh yang sudah digeprek. Aduk sampai kegalauannya merata.

3. Masukkan ayam ke dalam wajan, aduk sebentar dengan bumbu lalu tuang air secukupnya. Aduk dan masukkan gula, garam, serta penyedap rasa. 

4. Setelah airnya mendidih dan kira-kira ayamnya sudha matang, masukkan santan instan. Yang instan-instan aja, biar hidup terasa lebih mudah. Aduk. Tunggu matang. Selesai. Ambil nasi. Buat sambel. Ending.

Buat saya, masak memang kurang terasa menyenangkan. Hidup bersama seorang ibu yang hobi masak dan bisa buat makanan hampir apa saja, rasannya membuat saya jadi orang yang malas masak dan rajin makan. Begitulah.

Ini dia resep ayam santan pertama saya. Menurut suami sih enak. Kalau menurut saya b aja, lumayan lah, seenggaknya edible lah.

Wokeh. Saya mau cuci piring dulu.