Bicara soal artikel yang SEO friendly, saya sebenarnya juga nggak expert. Sekalinya saya belajar soal SEO itu karena dapat kelas gratisan dari Skill Academy yang kontennya bisa dibaca di artikel Seputar SEO, Oleh-Oleh Ilmu, dan Kenangan. Selain dari aplikasi itu, sisanya saya pelajari dengan learning by doing, yang kalau diterjemahkan itu kurang lebih ya coba-coba aja, hehehe.


Artikel SEO Friendly


tulisan seo friendly

Apa sih makna dari artikel SEO friendly? Kalau disederhanakan, maknanya adalah artikel yang mudah dicari pakai Google. SEO sendiri adalah Search Engine Optimization, jadi kalau SEO friendly ya berarti kira-kira maknanya adalah mudah dicari pakai engine.


1. Keyword


Keyword atau kata kunci menjadi hal yang penting agar suatu tulisan bisa mudah dicari lewat search engine, misalnya Google. Misalnya saja kita mau nulis tentang move on, maka coba ketik kata move on di google, maka akan muncul kata-kata berikut ini.


artikel seo friendly

Dengan banyaknya pilihan keyword soal move on, teman-teman bisa membuat artikel move on dengan berbagai keyword yang berbeda, misalnya:


Move on dari mantan

Move on artinya

move on 


Keyword yang muncul yang juga relevan dengan keyword utama juga bisa digodog agar kata utama dengan berbagai variannya tersebut bisa tersedia secara lengkap di website teman-teman. 


Keyword sampingan yang relevan dengan keyword utama biasanya juga sering disebut LSI atau Latent Semantic Indexing. 


Pencarian keyword yang tepat tentu menjadi hal yang penting saat membuat artikel di website. Untuk bisa menemukan keyword apa yang paling sering digunakan user di search engine, teman-teman bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti Keyword Everywhere atau website Neil Patel.


Awalnya, saya tahunya SEO cuman diberlakukan sebatas keyword aja.  Misalnya artikel yang diminta adalah tentang cara move on dari mantan, maka kata move on dari mantan akan dimasukkan ke dalam subjudul dan isi kontennya. Sesederhana itu.


Namun, sebenarnya ada lebih banyak effort yang mesti dilakukan agar keyword di sebuah artikel bisa makin maksimal.


2. Alt Teks Gambar 


Untuk bisa memaksimalkan keyword di sebuah artikel, Alt teks gambar yang dipakai di artikel juga jadi langkah yang mesti dilakukan. 


friendly SEO

Cara ini membuat gambar yang dipakai si suatu artikel jadi bisa ditelusuri dengan keyword tertentu melalui search engine. Dengan cara ini, artikel kita bisa dicari melalui pencarian gambar. 


Caranya cukup mudah. Hanya dengan memasukkan keyword yang dimaksud di kolom alternatif text sebagai berikut. Kemudian masukkan judul gambar di kolom berikutnya. Mudah, kan? Walau tidak semudah melupakan dirinya.


3. Backlink di Artikel untuk SEO Friendly


artikel seo friendly

Backlink juga bisa jadi semacam tuas pengangkat agar artikel kita jadi naik peringkatnya di search engine, misalnya Google. Makanya kan banyak lomba buat artikel yang syaratnya adalah memasukkan link tertentu di website kita. Tujuannya tidak lain ya tidak bukan karena dia pengen websitenya bisa naik di Google. 


Akan tetapi, tentu saja kualitas backlink juga menentukan efeknya. Analogi mudahnya adalah gini: rekomendasi restoran dari seseorang yang terpercaya macam Chef tentu lebih terpercaya kan daripada dari orang awam biasa. 


Sama saja seperti dengan backlink. Jika link website kita dipasang di suatu website lain yang udah terkenal tentu akan memiliki impact yang lebih terasa.


Selain backlink di website lain, kita juga bisa kok pasang link internal di dalam artikel kita sendiri, meskipun ini mungkin nggak gitu pengaruh sama peringkat Google. Hal ini lebih ngaruh ke durasi pembaca saat berkunjung ke website kita. Misalnya saat nulis artikel tentang move on dari mantan bisa tuh memasukkan link ke artikel lain yang juga relevan dalam website yang sama.


4. Share ke Medsos


artikel seo friendly

Cara lain yang agak membantu meningkatkan peringkat artikel di blog adalah dengan sharing di media sosial. Untuk pertama kali ya mungkin cukup dengan sharing di medsos sendiri. Lalu pelan-pelan coba minta suami, anak, tetangga untuk melakukan sharing di medsos mereka. Kira-kira begitulah. 


Bahasan soal artikel yang SEO friendly tentunya sangat luas, gak cuma terbatas untuk 4 hal di atas. Teman-teman juga bisa memeriksa keyword apa yang lagi trend di Google dengan tools Google Trend. 


Yah, SEO emang luas nan dalam. Apalagi, algoritma Google masih terus berubah dan berkembang seiring waktu berjalan, sehingga teknis SEO lewat pemakaian keyword di artikel juga mengalami perubahan seiring waktu. 


Aku sebenarnya juga cuman tahu seuprit soal artikel yang SEO friendly, terbukti dari website yang ini stagnan dan gini-gini aja perkembangannya Karenanya, kalau ada kesalahan atau kekurangan di artikel ini, mohon maklum yo. Saya mau cuci piring dulu.  


Baca juga: Pilih Menulis Fiksi atau Non Fiksi?