Bicara tentang Skincare routine, saya sendiri punya pengalaman yang cukup menarik. tidak seperti remaja sekarang yang rata-rata sudah sadar sedari dini tentang pentingnya merawat wajah, saya cukup terlambat untuk memulai skincare routine. 


Sebenarnya, keterlambatan ini juga gak terlalu aneh sih. Pasalnya, lingkungan sekitar saya waktu itu (sekitar tahun 2010) emang masih nggak terlalu aware sama pentingnya pakai sunscreen atau moisturizer. Jadi, ya emang buluk itu wajar dan sah-sah aja di waktu itu. Wkwk. 


Seiring dengan meningkatnya usia saya serta pendapatan yang mulai ada, kini saya mulai sadar lah untuk bisa pilih-pilih skincare dan melakukan kegiatan rutinitasnya.


Hal Penting yang Perlu Diketahui sebelum Melakukan Skincare Routine


Produk Berikut ini adalah beberapa hal yang menurut saya penting lah untuk diketahui dan dilakukan sebelum mulai skincare-skincarean.

Pentingnya Mengenali Jenis Kulit Wajah

skincare routine

Produk skincare emang bertaburan bagai bintang di pasaran. Ada yang ono, ini, itu, anu, inu, dan sebagainya. Harganya juga ada yang paket hemat dan paket bikin sekarat. Pokoknya sekarang semuanya tersedia, tinggal kitanya aja sebagai konsumen yang perlu memilih barang yang sesuai dengan kebutuhan.


Sebelum memilih produk skincare pastikan untuk mengenali jenis kulit sendiri. Saya sendiri punya jenis kulit kombinasi, di mana bagian hidung dan dahi cenderung berminyak tetapi sisanya cenderung normal, seperti kulit bagian pipi dan dagu.


Dengan memiliki pengetahuan tentang jenis kulit, kita bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, kalau kulit sensitif dan sering jerawatan, sebaiknya pakai produk yang emang diperuntukkan untuk jenis kulit tersebut. Begitulah.


Menyesuaikan Skincare Routine dengan Budget 

skincare routine

Persoalan skincare emang gak cuman tentang cocok-cocokkan, tapi juga tentang harga. Kadang, ada rasa ego yang membuat diri jadi pengen pake yang merk mahal. Gak apa-apa sih asal ya budgetnya emang cukup dan mumpuni. Jangan sampai lah pakai skincare mahal, tapi jadi gak bisa makan. Kan, sedih.


Step Skin Routine ala Aku

skincare routine

Aku sendiri mulai skincare routine gini setelah kuliah rampung dan mulai kerja. Pada awalnya, aku cuman rajin make serum dan krim moisturizer gitu kalau malam hari aja. Tapi, sekarang mulai rutin lah pagi dan malam.


Intinya mah, skincare itu terdiri dari tiga prinsip, yakni membersihkan, melembapkan, dan melindungi


  1. Kegiatan Pembersihan

Untuk kegiatan pembersihan bisa dilakukan dengan sabun cuci muka. Kalau pakai make up, biasanya kegiatan pembersihan juga dilakukan dengan menggunakan make up remover dulu, setelahnya baru pakai facial foam.


Suami saya yang punya kulit cenderung kering lumayan kesulitan untuk menemukan sabun cuci muka yang tepat untuk jenis kulitnya. Sampai akhirnya sekarang ia menggunakan produk dari Wardah yang Hydra Rose.


Kalau untuk saya sendiri emang gak ada produk khusus yang terasa enak banget atau terasa nggak enak banget. Semuanya terasa oke oke saja, kecuali untuk produknya sabun cuci muka dari Bodyshop untuk kulit kombinasi. Rasanya cocok banget aja sih. Namun, ya harganya itu loh. Yah, semoga promo bulanannya banyak.


  1. Kegiatan untuk Melembapkan

Uruk melembapkan kulit, krim moisturizer, toner, dan serum bisa jadi rangkaian pilihan produk yang saling menyempurnakan satu sama lain. Cara pemakaiannya: setelah selesai cuci muka, gunakan toner, setelah itu serum, dan terakhir ditutup dengan krim moisturizer yang punya tekstur paling pekat. 


  1. Kegiatan untuk Melindungi

Sunscreen atau sunblock jelas memiliki peran penting untuk melindungi kulit wajah dari sinar ultraviolet. Katanya sih, dengan rutin memakai sunscreen sejak dini bisa menunda kerutan di wajah. Manteb kan.



Yap, sebenarnya skincare routine bisa dilakukan dengan mudah kan. Kalau lagi senggang bisa juga kok melakukan masker wajah seminggu sekali. Untuk kulit yang cenderung berminyak mungkin bisa dicoba masker yang jenisnya clay mask. Kalau kulitnya cenderung kering bisa dicoba masker yang jenisnya sleeping mask. Yah, bebaslah. Selamat mencoba, semangat skincare routine.