Tepat malam tadi, tanggal 5 April drama Business Proposal akhirnya ending di episode 12. Well, aku sendiri sudah mempersiapkan diri untuk tidak terlalu berharap sama drama ini karena genrenya yang emang super santai dan nggak ada goal yang terlalu dikejar sama tokoh utamanya.

Pada akhirnya, drama ini emang hanya untuk main-main. Sama kayak hubungan kita, yang hanya untuk mainan, huhu. 

Ending Business Proposal


ending business proposal

Business Proposal adalah drama yang menceritakan tentang problematika perjodohan ala kencan buta. Di sini, Kang Tae Moo sebagai tokoh utama cowoknya merasa bahwa dirinya sudah cocok sama pasangan kencan butanya, namun tidak begitu dengan pasangannya, Shin Ha Ri.


Shin Ha Ri, sebagai tokoh utama wanita sebenarnya adalah adalah karyawan di perusahan Kang Tae Moo. Karena permintaan sahabatnya, akhirnya ia menyetujui untuk jadi pengganti di kencan buta itu. Begitu sadar bahwa di hadapannya adalah sang bosnya sendiri, Shin Ha Ri kelabakan namun tetap melakukan rencana awal yakni jadi pura-pura wanita binal demi membuat Kang Tae Moo ilfeel dan membatalkan perjodohan.


Namun, namanya juga drama korea, mereka ujung-ujungnya malah pacaran pura-pura demi mengelabui kakek Kang Tae Moo. Yang namanya pura-pura pastilah akan berujung suka beneran. Kalau di kehidupan nyata biasanya tuh bisa dilihat dari fenomena kakak-adek ketemu gede. 


Biasanya, alibi macam ini juga berujung pacaran. Ah, iya, kembali ke Shin Ha Ri.


Pertentangan dari Para Orang Tua di Business Proposal


ending business proposal

Nah, ini dia bumbu-bumbu penghalang percintaan yang emang nyata. Kadang, pikiran orang tua dan kita emang suka beda. Kitanya udah cocok sama pasangan, tahunya ortu nggak ngijinin.


Baik dari pihak orang tua Shin Ha Ri dan Kang Tae Mo sama-sama tidak merestui hubungan cinta ini. Ajigile!


Biasa, para orang tua emang suka gitu. Kalau kata Pak Mario Teguh, salahnya orang tua itu tetap ada sebenarnya, yakni menginginkan kebahagiaan anak meski dengan cara yang mungkin kurang tepat.  


Alasan yang diberikan orangtua Ha Ri pun sangat menyentuh. Sang ayah berkata bahwa ia takut Ha Ri akan mengalami kesulitan dengan berkencan sama bosnya. Ia tak mau perbedaan kelas sosial mereka hanya akan membuat masalah di kemudian hari. 


Cintanya pak-bapak sama anaknya emang suka gitu. Diam seperti udara, namun melimpah tak terbatas. Ah, jadi mewek!


Bedah Business Proposal


ending business proposal


Kalau dibuat kalimat singkat drama Business Proposal itu adalah: Dua orang yang saling jatuh cinta di kencan buta ternyata mengalami berbagai kendala untuk bisa bersama.


Dari sini masalahnya dipecah dari beberapa poin menjadi:


Masalah kencan buta: Shin Ha Ri adalah pengganti temannya karena ia dibayar


Masalah pekerjaan: Shin Ha Ri adalah karyawan Kang Tae Moo


Masalah ekonomi: Mereka berada di kelas sosial yang jauh berbeda


Masalah orangtua: Sama-sama menentang hubungan Shin Ha Ri dan Kang Tae Moo


Dari poin jokesnya juga bisa kita bedah sama-sama:


Jokes Kencan Buta


Jokes pertemanan dengan Jin Yeong Soo yang penuh canda tawa


Bromance Kang Tae Moo dan sekretaris Cha


Jokes drakor di TV yang sering ditonton kakek Kang Tae Moo


dan tentu jokes percintaan antara Kang Tae Moo dan Ha Ri


Kisah Ending yang Semuanya Kebagian Happy


ending business proposal

Sudah dapat ditebak kan ya bahwa drama ini tentu akan menyajikan ending yang manis untuk semua tokoh. Sekertaris Cha dapet jodoh Jin Yeong So, terus Kang Tae Moo tentu dapet Shin Ha Ri. Satu konflik klimaks di episode 11-12 adalah saat Shin Ha Ri dapat gosip yang cukup besar.


Sudah, hanya itu sih konflik puncaknya. Sisanya adalah adegan bahagia dan lamaran. Untuk saya, adegan bahagia sih harusnya diperlihatkan secukupnya. Kalau kebanyakan jadi bosan. Penonton butuh melihat penderitaan tokoh utamanya!


Sekian artikel ending dan bedah isi drakor Business Proposal. Meskipun nggak seseru Twenty Five, Twenty One, drama ini cukup okelah untuk ngebucin di hari Senin.


Baca juga: Hometown Cha Cha Cha, Kisah Pekerja Serabutan yang Kabur dari Masa Lalu